Logo Bingkai Putih Cerberus Horisontal

5 Perbedaan Utama Antara E-niaga dan Marketplace

11 April 2023

Most folks presume that online marketplace and e-commerce web sites are the same. They are actually two type of platform that anyone can use to sell products or services.

Meskipun masing-masing digunakan untuk tujuan perusahaan online, ada beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya. Pada kesempatan tertentu, marketplace adalah platform berbasis web di mana pemilik situs web mengizinkan penjual pihak ketiga untuk berpromosi di platform tersebut dan menagih pembeli secara langsung, dengan kata lain, banyak penjual dapat memasarkan barang dagangan mereka kepada pembeli. Pemilik pasar tidak memiliki inventaris; dia juga tidak menagih pembeli. Sebenarnya, ini adalah platform untuk penjual dan konsumen, mirip dengan apa yang Anda lihat di pasar fisik. Beberapa contohnya antara lain Amazon, Tokopedia, Shopeedan masih banyak lagi.

On the opposite, an e-commerce web site Sebaliknya, situs web e-commerce adalah toko online model tunggal atau toko online multi-merek di mana merek tertentu menjual barang dagangannya sendiri di situs web mereka. Stok barang hanya dimiliki oleh pemilik situs web. Pemilik situs web juga menagih pelanggan dan membayar pajak pertambahan nilai. Tidak ada opsi untuk mendaftar sebagai vendor, seperti yang Anda lihat di toko pengecer. Dan itu khusus untuk pembeli. Situs web e-commerce dapat disebut situs web vendor tunggal di mana satu pemilik toko dapat memfungsikan situs web untuk mempromosikan barang. Yang paling penting, e-commerce menyediakan merek dengan halaman profil tinggi pada semua produk dan layanan mereka. Beberapa contohnya adalah IBKUL, Nike, Uniqlodan masih banyak lagi.

Put it simple, a marketplace may be an e-commerce website, but not all e-commerce websites are marketplaces. While it might primarily sound confusing, here are 5 important variations between a marketplace and an e-commerce website you must know.

Perbedaan 1 "5 Perbedaan Utama Antara Ecommerce dan Marketplace" Artikel

1. Target Audiens dan Pengenalan Merek

Sangat penting untuk memiliki gagasan yang transparan tentang pendekatan pemasaran dan fokus Anda di pasar online dan perusahaan e-commerce. Sementara di e-commerce Anda harus memberikan perhatian untuk fokus pada konsumen, di pasar Anda harus menarik tidak hanya konsumen tetapi juga penjual yang akan menjadi jantung dari platform Anda.

Dalam e-commerce, pedagang perorangan harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka. Setelah pembeli menemukan pilihannya, proses pemilihan menjadi lebih sederhana, karena mereka hanya memilih produk yang ditawarkan oleh satu perusahaan.

When consumers type in your URL, they get to your site and may affiliate your services with that URL. You can create the consumer expertise you need based mostly in your company values. If you’re hoping to grow your organization, there’s no ignoring this e-commerce vs marketplace benefit.

On the other hand, marketplaces profit from various users operating on their site. As there are lots of sellers, they individually promote the existence of the marketplace causing a viral of awareness. The extra the buyers are pleased, transacting on the site, the extra they help to spread the popularity of the marketplace.

Penting untuk diperhatikan bahwa berjualan di pasar tidak akan membantu Anda membangun kesadaran merek dan meningkatkan loyalitas di antara pelanggan. Ini hanya sebagai hasil dari pelanggan yang mendaftar ke platform, bukan ke setiap merek tertentu di pasar. Oleh karena itu, audiens terlibat ke arah platform pasar, bukan merek.

Gambar Tren E-commerce dari Artikel "5 Perbedaan Utama Antara E-commerce dan Marketplace"

2. Persaingan dan Data

Situs web e-commerce Anda hanya menjual barang-barang Anda, dan Anda tidak perlu menawar iklan untuk mendapatkan peringkat yang lebih besar di situs web Anda sendiri atau membuat daftar Anda terlihat menonjol di atas barang-barang serupa yang dijual oleh pesaing Anda. Klien Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan catatan pengiriman dan mengamati Anda di media sosial. Anda dapat menggunakan informasi mereka untuk hal-hal seperti email yang sesuai, buletin promosi, atau survei kepuasan pembeli.

Pasar pihak ketiga, sekali lagi, dapat membuat dan mempromosikan barang dagangan label putih mereka sendiri, yang dapat mereka prioritaskan dalam daftar pencarian. Selain itu, di pasar, layanan yang Anda promosikan atau jual bisa jadi sama dengan produk lain dan dapat dicantumkan tepat di samping satu sama lain. Satu-satunya cara untuk menang adalah membayar pasar untuk menunjukkan iklan Anda di bagian atas daftar. Ketika prospek mendaftar ke pasar, Anda akan merasa berat untuk terhubung dengan mereka secara instan.

Sederhananya, jika Anda lebih suka memiliki akses langsung ke prospek Anda dan menghapus kompetisi dari daftar, gunakan platform e-commerce. Tetapi jika Anda tidak keberatan membayar iklan tambahan untuk mendorong merek Anda ke puncak, maka jangan takut untuk menggunakan layanan pasar. marketplace service.

3. Waktu, Uang, & Kontrol

Membangun situs web e-commerce Anda sendiri bisa sesederhana atau sesulit yang Anda inginkan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan di dalamnya. Jadi akan ada banyak waktu dan pekerjaan yang terlibat untuk menyiapkan dan memelihara situs web e-commerce Anda. Namun, ini juga berarti bahwa Anda dapat membangun segala jenis opsi yang Anda butuhkan tanpa batasan.

Tetapi di pasar, karena semuanya tetap siap, Anda dapat mendaftar, membuat daftar, dan menjual tanpa menghabiskan banyak waktu dan pekerjaan lebih lanjut. Pasar online dirancang agar mudah digunakan. Anda dapat mengatur etalase dalam hitungan menit dan kemudian menikmati manfaat penuh dari pemrosesan biaya, promosi, dan bahkan saluran distribusi dan pengiriman dalam sebagian kecil dari waktu untuk mencari dan mendaftar untuk alat-alat ini sendiri.

Sebuah marketplace tidak mempromosikan atau membeli produk, mereka menganggap diri mereka sebagai platform yang memungkinkan berbagai acara untuk menjual produk dan layanan. Dalam hal ini, nilai mereka terletak pada jumlah layanan yang dapat mereka berikan kepada masing-masing penjual dan pembeli. Artinya, harga akuisisi klien biasanya lebih rendah untuk pasar online; ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan basis pelanggan besar yang ada.

Gambar vektor toko online dari artikel "5 Perbedaan Utama Antara E-niaga dan Marketplace"

4. Kepercayaan dan Loyalitas

This is where e-commerce shines. An e-commerce platform sells only your products, your services, your brands. On top of that, you can control what kind of marketing towards your audience directly. This is the equivalent of having a factory to consumer direct line. Truly the best type of marketing out there.

Seperti disebutkan di atas, kelemahan utama berjualan di pasar adalah Anda tidak diizinkan untuk mempromosikan merek Anda. Tidak ada ruang untuk upaya pemasaran. Bahkan jika Anda berhasil menjual di pasar selama 15 tahun, pelanggan mungkin tidak mengenali merek Anda. Mereka mengembangkan loyalitas terhadap marketplace, bukan penjual individu tempat mereka membeli.

Di sisi lain, situs web e-commerce yang dihosting sendiri memungkinkan Anda untuk membuat konten yang berisi daya tarik emosional serta panduan instruksional. Konten kreatif sangat penting untuk bisnis apa pun yang bertujuan membangun loyalitas merek. build brand loyalty.

5 Perbedaan Utama Antara E-niaga dan Marketplace" Article” width=”600″ height=”345″ title=”” srcset=”https://cworks.id/wp-content/uploads/2023/04/ecommerce-marketing.png 600w, https://cworks.id/wp-content/uploads/2023/04/ecommerce-marketing-300×173.png 300w” sizes=”(max-width: 600px) 100vw, 600px” />

5. Aspek Teknis

Saat ini, banyak sekali perangkat yang digunakan untuk membangun situs web e-commerce yang tersedia di pasaran dan yang paling populer adalah Magento, Shopify, dan WooCommerce. Sementara marketplace seperti Amazon dan Tokopedia memberikan pembeli toko serba ada untuk membeli semua yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, solusi marketplace telah dirancang dari awal untuk memenuhi kebutuhan pembeli dan operator marketplace tertentu.

Dari sudut pandang teknis, e-commerce lebih fleksibel dalam hal fitur, tetapi juga lebih sulit dilakukan karena membutuhkan sumber daya teknis untuk memelihara dan membangun platform yang solid. Anda mengelola situs web Anda sendiri, dengan platform e-commerce yang menyediakan serangkaian alat terintegrasi untuk membantu Anda menjalankan bisnis. Jika Anda ingin memperbarui logo atau menyegarkan palet warna untuk memenuhi pedoman branding yang baru, Anda bisa melakukannya. Anda bahkan dapat mengubah elemen-elemen seperti fungsionalitas keranjang belanja dan metode pembayaran sesuai kebutuhan.

Di sisi lain, tidak seperti meng-host situs web Anda sendiri, Anda tidak memerlukan banyak keahlian teknis untuk mulai berjualan di pasar. Jika Anda terbiasa dengan platform media sosial, Anda akan memiliki apa yang diperlukan untuk mendaftarkan produk atau layanan dan menyiapkan informasi piutang. Segala sesuatu mulai dari pemasaran hingga resolusi layanan pelanggan ditangani pada platform yang sama melalui satu dasbor.

Kesimpulan: E-niaga vs Marketplace

Sering kali, pendekatan gabungan dapat dilakukan untuk meningkatkan pengenalan serta kesadaran merek Anda dengan memanfaatkan e-commerce dan marketplace secara bersamaan.

Platform pemenang-mengambil-semua seperti Amazon mendapatkan keuntungan dari efek jaringan yang menciptakan nilai yang bertahan lama bagi pelanggan dan penjual. Penjual pergi ke sana karena di sanalah pelanggan berada, dan pelanggan pergi ke Amazon karena di sanalah penjual berada - dan bersama mereka harga terbaik dan produk terbanyak.

Sementara pada saat yang sama Anda membangun audiens langsung dengan menghubungkan pembeli ke milis Anda menggunakan kode diskon yang memungkinkan mereka membeli produk Anda lebih murah di situs web Anda dibandingkan dengan pasar. Dengan cara ini Anda dapat membangun kampanye pemasaran Anda sendiri yang ditargetkan secara khusus kepada mereka yang mengenali merek Anda.

Tidak ada salahnya melakukan keduanya, dan jika Anda kesulitan memahami apa yang harus dilakukan, Anda selalu dapat hubungi kami untuk melakukannya untuk Anda.

Bagikan artikel ini ke

Artikel Terkait

id_IDIndonesian

© 2022 Cerberus Works. Semua hak cipta dilindungi undang-undang.