Logo Bingkai Putih Cerberus Horisontal

Manfaat Pemasaran Email untuk Meningkatkan Bisnis Anda

11 Januari 2024

Pemasaran email adalah komponen penting dari strategi pemasaran yang sukses. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menyampaikan pesan yang ditargetkan kepada audiens yang luas dengan biaya yang minimal. Dengan memanfaatkan email marketing, bisnis dapat membangun hubungan pelanggan yang kuat, meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka, dan meningkatkan penjualan dan konversi. Pada artikel ini, kami akan membahas manfaat email marketing secara rinci dan membahas bagaimana email marketing dapat meningkatkan bisnis Anda secara signifikan.

 

Hal-hal Penting yang Dapat Dipetik

  • Manfaat dari pemasaran Email termasuk cara yang hemat biaya untuk menjangkau audiens yang luas dan menghasilkan laba atas investasi yang lebih tinggi.
  • Personalisasi dan segmentasi adalah kunci untuk membuat konten email yang menarik dan sesuai dengan target audiens Anda.
  • Segmentasi daftar email Anda memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pesan dan penawaran Anda ke segmen pelanggan tertentu, sehingga memberikan hasil yang lebih baik.
  • Mengotomatiskan kampanye pemasaran email Anda dengan email selamat datang, email ulang tahun, email keterlibatan ulang, dan kampanye tetes dapat menghemat waktu dan memelihara prospek secara efektif.
  • Pemasaran email memberikan wawasan berharga tentang perilaku dan preferensi pelanggan, sehingga memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan kampanye mereka untuk mendapatkan dampak yang maksimal.

 

Mengapa Pemasaran Email Penting untuk Bisnis Anda

Manfaat pemasaran email

Membangun Hubungan Pelanggan yang Kuat

Membangun hubungan pelanggan yang kuat sangat penting untuk kesuksesan bisnis apa pun. Ini juga merupakan salah satu manfaat terbaik dari pemasaran email yang ingin kami bahas. Dibutuhkan lebih dari sekadar menyediakan produk atau layanan yang hebat untuk membuat pelanggan datang kembali. Transparansi dengan komunitas adalah faktor kunci dalam membuat orang merasa diperhatikan dan dihargai. Dengan secara konsisten muncul di kotak masuk pelanggan Anda, pemasaran email memperkuat kesadaran merek dan menumbuhkan loyalitas. Namun, bagaimana Anda bisa membangun hubungan pelanggan yang kuat? Berikut adalah beberapa strategi yang efektif:

  • Memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan pembelian sebelumnya atau riwayat penelusuran
  • Menawarkan konten dan promosi eksklusif untuk mendorong loyalitas
  • Kirimkan email umpan balik kepada pelanggan untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendapat mereka

Ingat, butuh waktu dan upaya untuk membangun kepercayaan dan loyalitas, tetapi imbalannya sepadan.

 

Meningkatkan Kesadaran Merek

Salah satu manfaat dari pemasaran email adalah untuk meningkatkan nama merek kita. Kesadaran merek sangat penting untuk bisnis apa pun, baik Anda adalah merek lama atau pendatang baru di pasar. Ini adalah tentang tetap berada di puncak pikiran konsumen dan memastikan mereka mengenali dan memilih merek Anda. Dan salah satu cara terbaik untuk mencapainya adalah melalui pemasaran email.

Dengan secara konsisten muncul di kotak masuk pelanggan Anda, Anda Memperkuat pengenalan dan kesadaran merek. Warna, pengenalan, CTA, dan konten merek Anda menjadi identik dengan merek Anda, sehingga memudahkan pelanggan untuk mengenali dan mengingat Anda. Manfaat email marketing ini sangat penting dalam hal branding. Jadi, jika Anda ingin memperkuat kesadaran merek Anda, email marketing adalah cara yang tepat.

 

Meningkatkan Penjualan dan Konversi

Salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah melalui penawaran promosi. Dengan memberikan diskon khusus atau promosi dalam waktu terbatas kepada pelanggan, email dapat memotivasi mereka untuk melakukan pembelian yang mungkin tadinya ragu-ragu. Manfaat pemasaran email ini akan meningkatkan keuntungan kita. Memasukkan rasa urgensi, seperti menawarkan diskon waktu terbatas atau pengiriman gratis, juga bisa efektif.

Selain itu, menggabungkan personalisasi, penceritaan, dan ajakan bertindak yang efektif ke dalam konten email dapat membuat email yang menarik yang beresonansi dengan pelanggan dan pada akhirnya mendorong penjualan dan meningkatkan pendapatan.

 

Membuat Konten Email yang Menarik

Manfaat Pemasaran email

Menulis Baris Subjek yang Menarik

Baris subjek email adalah hal pertama yang dilihat oleh pengguna dan inilah yang membantu mereka mengambil keputusan untuk membuka email Anda atau menghapusnya. Faktanya, 47% penerima email akan membuka email Anda hanya berdasarkan baris subjek. Kesan pertama itu penting, bukan? Jadi, Anda harus menarik perhatian pengguna dengan baris subjek Anda.

Banyak pemasar email yang melakukan hal ini dengan emoji. Sebuah studi oleh Experian menemukan bahwa baris subjek email dengan emoji meningkatkan tingkat keterbukaan sebesar 56%, dibandingkan dengan baris subjek yang hanya berisi teks. Lihat emoji yang paling sering digunakan dalam baris subjek menurut Mailchimp:

  • 😊 Wajah Tersenyum dengan Mata Tersenyum
  • ❤️ Red Heart
  • 😍 Wajah Tersenyum dengan Mata Hati

Setelah Anda membuat pelanggan Anda membuka email Anda dengan baris subjek yang menarik, Anda sudah berhasil! Selama konten Anda relevan dan Anda memiliki ajakan bertindak yang jelas, pelanggan akan melakukan tindakan yang Anda inginkan. Pelanggan email 3,9x lebih mungkin untuk membagikan konten Anda di media sosial dan 4,24% pengunjung dari pemasaran email membeli sesuatu, dibandingkan dengan 2,49% pengunjung dari pencarian.

 

Mempersonalisasi Email Anda

Personalisasi adalah komponen yang sangat penting membuat konten email yang menarik. Dengan menyesuaikan email dengan minat atau riwayat pembelian penerima, email menjadi lebih relevan dan menarik. Personalisasi dapat mencakup hal-hal seperti menggunakan nama penerima, termasuk rekomendasi produk berdasarkan pembelian mereka sebelumnya, atau mengirimkan konten yang dipersonalisasi berdasarkan demografi atau minat mereka.

Bercerita adalah teknik lain yang efektif untuk membuat konten email yang menarik. Dengan menenun cerita atau narasi ke dalam email, bisnis dapat menarik perhatian pelanggan dan menciptakan hubungan emosional. Cerita tersebut dapat berupa sejarah merek, peluncuran produk baru, atau anekdot yang menginspirasi.

 

Menggunakan Visual untuk Menarik Perhatian

Dalam hal menarik perhatian pelanggan, pop-up adalah alat yang luar biasa. Mereka menyediakan platform untuk gambar yang menarik perhatian, berita utama, dan penawaran yang dapat dengan cepat membuktikan nilai bisnis Anda. Di dunia di mana perhatian pelanggan dapat beralih dalam hitungan detik, pop-up adalah cara terbaik untuk membuat kesan yang bertahan lama. Tetapi mengapa pop-up sangat efektif? Berikut ini beberapa alasannya:

  • Meningkatkan retensi dan konversi: Pop-up yang dirancang dengan baik memiliki kekuatan untuk meningkatkan retensi pelanggan secara drastis dan meningkatkan konversi yang sukses.
  • Sulit untuk diabaikan: Pesan pop-up berada di depan dan di tengah, sehingga hampir tidak mungkin diabaikan. Pelanggan tidak bisa tidak melihat pesan langganan Anda dengan jelas.

Untuk memaksimalkan pop-up Anda, pertimbangkan sejumlah saran berikut ini:

  1. Gunakan gambar yang menarik perhatian, berita utama, dan penawaran yang selaras dengan merek Anda dan selaras dengan situs web Anda.
  2. Ciptakan rasa hubungan antarmanusia dengan menampilkan foto-foto anggota tim Anda.
  3. Manfaatkan gambar produk untuk menarik pemirsa untuk melakukan pembelian.
  4. Gunakan gambar bukti sosial untuk meyakinkan calon pelanggan untuk mengambil tindakan dan meningkatkan reputasi merek Anda.

Ingat, tujuannya adalah membuat pop-up Anda unik dan menarik. Anda ingin pop-up tersebut menonjol dari pesaing Anda dan menarik perhatian pengunjung situs web. Dengan menerapkan strategi ini, Anda bisa memanfaatkan kekuatan pop-up untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan mendorong konversi.

 

BONUS: Layanan Desain Grafis

 

Termasuk Panggilan ke Tindakan

Ajakan bertindak yang efektif sangat penting dalam mendorong keterlibatan dan konversi. Tombol ajakan bertindak yang sangat baik harus jelas dan mudah dimengerti, dengan bahasa yang dapat ditindaklanjuti seperti "Belanja Sekarang" atau "Pelajari Lebih Lanjut." Menyertakan rasa urgensi, seperti menawarkan diskon waktu terbatas atau pengiriman gratis, juga bisa efektif.

Dengan menggabungkan personalisasi, storytelling, dan ajakan bertindak yang efektif ke dalam konten email, bisnis e-commerce dapat membuat email yang menarik yang beresonansi dengan pelanggan dan pada akhirnya mendorong penjualan dan meningkatkan pendapatan.

Memaksimalkan Penjualan dengan Kampanye Email

  • Menerapkan tombol ajakan bertindak yang jelas dan dapat ditindaklanjuti
  • Ciptakan rasa urgensi dengan penawaran waktu terbatas
  • Personalisasi konten email agar lebih relevan
  • Gunakan cerita untuk terhubung dengan pelanggan

Ingat, ajakan bertindak yang dibuat dengan baik dapat membuat perbedaan besar dalam memotivasi audiens Anda untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

Kiat Pro: Bereksperimenlah dengan berbagai desain, penempatan, dan kata-kata ajakan bertindak untuk menemukan apa yang terbaik bagi audiens Anda.

 

Segmentasi Daftar Email Anda untuk Hasil yang Lebih Baik

Segmentasi pemasaran email

Memahami Target Audiens Anda

Alat-alat yang ditawarkan oleh pemasaran email dapat membuat Anda lebih dekat dengan tujuan pemasaran Anda, karena Anda dapat menyegmentasikan audiens Anda ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil dan lebih bertarget. Dengan demikian, Anda bisa mengirimkan pesan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat unik dari setiap segmen. Penargetan yang tepat ini akan menghasilkan tingkat keterlibatan dan konversi yang lebih tinggi.

Bayangkan menerima email yang membahas kebutuhan, minat, dan interaksi spesifik Anda dengan sebuah merek. Rasanya seperti percakapan yang dipersonalisasi, bukan promosi penjualan yang umum. Itulah kekuatan dari menyesuaikan konten. Menyesuaikan konten Anda untuk memenuhi preferensi dan perilaku audiens Anda mirip dengan membuat setelan yang dipesan lebih dahulu. Pendekatan yang disesuaikan ini adalah sebuah keharusan dalam dunia pemasaran, dan mengirim email dapat membantu Anda mengembangkannya.

 

BONUS: Lead Gen menggunakan Pemasaran Email dan Landing Page

 

Membuat Segmen Email yang Relevan

Segmentasi daftar email Anda memungkinkan Anda untuk mengirim email yang ditargetkan ke kelompok pelanggan tertentu. Mempersonalisasi email berdasarkan perilaku pelanggan dapat meningkatkan keterlibatan dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Dengan melakukan segmentasi audiens Anda, Anda dapat menyesuaikan komunikasi email Anda untuk memenuhi harapan dan kebutuhan mereka dengan lebih baik. Menurut data laporan Email Marketing Benchmarks, email yang dipersonalisasi mengalami peningkatan sebesar 28% dalam rasio klik-tayang.

Cara Anda mensegmentasi audiens Anda akan bervariasi tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan atau tujuan kampanye pemasaran email Anda. Sebagian besar pemasar menyegmentasikan daftar email mereka berdasarkan informasi demografis, informasi perusahaan, dan informasi psikografis. Dengan melakukan segmentasi daftar email Anda, Anda dapat memastikan bahwa email Anda lebih relevan dan menarik, sehingga menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.

 

Menyesuaikan Konten untuk Setiap Segmen

Menyesuaikan konten untuk audiens tertentu seperti membuat setelan jas yang dipesan lebih dahulu. Ini semua tentang menyesuaikan konten Anda untuk memenuhi preferensi dan perilaku audiens Anda. Oleh menyegmentasikan daftar email Anda dengan mengirim pesan yang disesuaikan dengan kebutuhan unik Dengan menyesuaikan konten dengan kebutuhan dan minat setiap segmen, Anda dapat mencapai tingkat keterlibatan dan konversi yang lebih tinggi. Berikut ini beberapa langkah utama untuk menyesuaikan konten Anda secara efektif:

  1. Pahami Audiens Anda: Luangkan waktu untuk mengumpulkan data dan wawasan tentang pelanggan Anda. Hal ini akan membantu Anda memahami preferensi, minat, dan perilaku mereka.
  2. Buat Segmen Email yang Relevan: Kelompokkan pelanggan Anda berdasarkan karakteristik atau perilaku yang sama. Hal ini dapat mencakup demografi, riwayat pembelian, atau tingkat keterlibatan.
  3. Buat Konten yang Dipersonalisasi: Gunakan informasi yang telah Anda kumpulkan untuk membuat konten yang dipersonalisasi dan relevan untuk setiap segmen. Hal ini dapat mencakup pemenuhan kebutuhan, minat, atau interaksi mereka sebelumnya dengan merek Anda.
  4. Uji dan Optimalkan Segmen Anda: Pantau dan analisis kinerja segmen email Anda secara terus-menerus. Uji berbagai pendekatan dan optimalkan konten Anda untuk meningkatkan hasil.

Menyesuaikan konten Anda untuk setiap segmen memungkinkan Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan berdampak kepada pelanggan Anda. Hal ini membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat, meningkatkan keterlibatan, dan mendorong hasil bisnis yang lebih baik.

 

Menguji dan Mengoptimalkan Segmen Anda

Menguji dan mengoptimalkan segmen Anda sangat penting untuk memaksimalkan efektivitas kampanye pemasaran email Anda. Dengan terus menguji dan menyempurnakan taktik personalisasi dan segmentasi Anda, Anda dapat mengoptimalkan upaya pemasaran email Anda dan mencapai dampak yang maksimal. Pengujian A/B, juga dikenal sebagai pengujian terpisah, adalah strategi yang efektif untuk mengoptimalkan kampanye email.

Dengan membuat dua versi email yang sama dan menguji berbagai elemen seperti baris subjek, gambar, dan ajakan bertindak, bisnis dapat menentukan versi mana yang berkinerja lebih baik. Pendekatan berbasis data ini membantu bisnis menyempurnakan strategi mereka dan memastikan bahwa mereka mengirimkan email yang paling menarik dan berdampak kepada pelanggan mereka.

 

Mengotomatiskan Kampanye Pemasaran Email Anda

Mengotomatiskan pemasaran email

Menyiapkan Email Selamat Datang Otomatis

Menyiapkan email sambutan otomatis adalah pengubah permainan dalam pemasaran email. Hal ini memungkinkan Anda untuk memberikan kesan pertama yang luar biasa pada pelanggan baru Anda dan mulai membangun hubungan yang kuat sejak awal.

Dengan mengotomatiskan proses ini, Anda dapat memastikan bahwa setiap pelanggan baru menerima sambutan hangat dan informasi berharga tentang bisnis Anda. Selain itu, Anda dapat menawarkan diskon atau insentif khusus untuk mendorong pembelian pertama mereka. Dengan email selamat datang otomatis, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga sambil tetap memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan menarik bagi pelanggan Anda.

Kami di CWORKS dapat memandu Anda di setiap langkah dengan program email marketint kami. Kami telah melakukan kampanye untuk ratusan ribu pengguna sekaligus yang menghasilkan pendapatan ratusan ribu dolar.

 

 

Mengirim Email Ulang Tahun yang Dipersonalisasi

Mengirim email ulang tahun yang dipersonalisasi adalah cara yang bagus untuk membuat pelanggan Anda merasa istimewa dan dihargai. Dengan mengucapkan selamat ulang tahun kepada mereka, Anda dapat menciptakan hubungan pribadi dan memperkuat hubungan Anda dengan mereka. Namun, ini bukan hanya tentang mengirimkan ucapan selamat ulang tahun biasa. Untuk benar-benar memberikan dampak, pertimbangkan kiat-kiat berikut ini:

  • Menyesuaikan templat email: Gunakan alat bantu seperti Microsoft Excel untuk mengedit nama atau tanggal lahir penerima.
  • Sertakan penawaran khusus: Tunjukkan apresiasi Anda dengan menawarkan diskon ulang tahun atau hadiah gratis.
  • Tambahkan sentuhan pribadi: Tulis pesan yang tulus yang menunjukkan bahwa Anda peduli.
  • Melacak dan menganalisis: Pantau kinerja email ulang tahun Anda untuk melihat apa yang sesuai dengan pelanggan Anda dan lakukan perbaikan untuk kampanye di masa mendatang.

Mengirimkan email ucapan selamat ulang tahun yang dipersonalisasi adalah sebuah gerakan kecil yang bisa sangat membantu dalam membangun loyalitas pelanggan dan mendorong keterlibatan. Jadi, jangan lupa untuk merayakan hari istimewa pelanggan Anda!

 

Melibatkan Kembali Pelanggan yang Tidak Aktif

Melibatkan kembali pelanggan yang tidak aktif sangat penting untuk mempertahankan strategi pemasaran email yang sehat. Salah satu cara efektif untuk melibatkan mereka kembali adalah dengan menawarkan insentif atau diskon untuk berinteraksi dengan merek Anda lagi.

Semua orang menyukai penawaran yang bagus, dan ini dapat menarik pelanggan yang tidak aktif untuk mengambil tindakan. Selain itu, Anda dapat menggunakan email yang dipersonalisasi untuk mengingatkan mereka tentang nilai yang dapat mereka terima dengan tetap berlangganan ke daftar Anda. Dengan menyesuaikan konten Anda dengan minat dan kebutuhan mereka, Anda dapat menghidupkan kembali minat mereka dan mendorong mereka untuk terlibat kembali dengan merek Anda.

Berikut ini beberapa tips untuk melibatkan kembali pelanggan yang tidak aktif:

  • Menawarkan diskon atau insentif
  • Mengirim pengingat yang dipersonalisasi
  • Menyediakan konten eksklusif
  • Gunakan baris subjek yang menarik

Ingat, melibatkan kembali pelanggan yang tidak aktif adalah peluang untuk meningkatkan konten email dan penargetan Anda. Dengan memahami preferensi mereka dan mengirimkan konten yang relevan, Anda dapat meningkatkan keterlibatan mereka dan pada akhirnya meningkatkan bisnis Anda.

 

Memelihara Prospek dengan Kampanye Tetes

Kampanye tetes adalah alat yang ampuh untuk memelihara prospek dan memandu mereka melalui saluran penjualan. Dengan mengirimkan email yang ditargetkan dan dipersonalisasi selama periode waktu tertentu, kampanye tetes menjaga merek Anda tetap berada di puncak pikiran audiens dan meningkatkan peluang konversi.

Urutan otomatis ini memberikan pesan yang tepat pada waktu yang tepat, memberikan informasi dan penawaran yang berharga untuk menarik prospek. Dengan hasil yang terukur dan analisis, Anda dapat melacak efektivitas kampanye drip Anda dan membuat keputusan berdasarkan data untuk mengoptimalkan strategi Anda. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari memelihara prospek dengan kampanye drip:

  • Meningkatkan keterlibatan: Kampanye Drip memungkinkan Anda untuk secara konsisten berinteraksi dengan prospek Anda, membangun kepercayaan dan loyalitas.
  • Tingkat konversi yang lebih tinggi: Dengan mengirimkan konten dan penawaran yang relevan, kampanye drip mendorong prospek ke arah konversi.
  • Komunikasi yang dipersonalisasi: Kampanye Drip memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pesan Anda dengan kebutuhan dan minat spesifik setiap prospek.
  • Pemeliharaan prospek yang disederhanakan: Dengan urutan otomatis, Anda bisa membina prospek tanpa upaya manual, menghemat waktu dan sumber daya.

Memasukkan kampanye drip ke dalam strategi pemasaran email Anda dapat secara signifikan meningkatkan bisnis Anda dengan memelihara prospek dan mendorong mereka menuju konversi.

 

Kesimpulan

Pemasaran email adalah bahan rahasia yang menambahkan rasa pada strategi pemasaran Anda. Ini bukan hanya sebuah kebutuhan, tetapi juga merupakan alat yang ampuh yang dapat mendorong penjualan, melibatkan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas merek. Dengan kemampuannya untuk menargetkan audiens tertentu dan efektivitas biayanya, pemasaran email harus dimiliki oleh bisnis dari semua ukuran. Jadi jangan lupa untuk menaburkan keajaiban pemasaran email ke dalam resep bisnis Anda dan saksikan kesuksesan Anda melejit!

 

Pertanyaan Umum

Apa yang dimaksud dengan pemasaran email?

Pemasaran email adalah strategi pemasaran digital yang melibatkan pengiriman pesan yang ditargetkan ke sekelompok individu melalui email.

Apa saja manfaat dari pemasaran email?

Beberapa manfaat pemasaran email termasuk membangun hubungan pelanggan yang kuat, meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, dan meningkatkan penjualan dan konversi.

Bagaimana pemasaran email dapat meningkatkan bisnis saya?

Pemasaran email dapat meningkatkan bisnis Anda dengan memungkinkan Anda mengirimkan konten yang dipersonalisasi kepada audiens target Anda, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan menghasilkan laba atas investasi (ROI) yang lebih tinggi dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya.

Apakah pemasaran email hemat biaya?

Ya, pemasaran email hemat biaya dibandingkan dengan metode periklanan tradisional. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang besar dengan biaya yang minimal dan memberikan wawasan yang berharga tentang perilaku dan preferensi pelanggan.

Bagaimana cara menyegmentasikan daftar email saya untuk hasil yang lebih baik?

Anda dapat melakukan segmentasi daftar email dengan memahami target audiens Anda, membuat segmen email yang relevan, menyesuaikan konten dengan setiap segmenserta menguji dan mengoptimalkan segmen Anda.

Apa saja contoh kampanye email otomatis?

Beberapa contoh kampanye email otomatis mencakup pengaturan otomatis email selamat datang, mengirim email ulang tahun yang dipersonalisasi, melibatkan kembali pelanggan yang tidak aktif, dan memelihara prospek dengan kampanye tetes.

Bagikan artikel ini ke

Artikel Terkait

id_IDIndonesian

© 2022 Cerberus Works. Semua hak cipta dilindungi undang-undang.